Padang Gurun Penderitaan

Renungan: Kejadian 16 Lalu Malaikat Tuhan menjumpainya dekat suatu mata air di padang gurun yakni dekat mata air di jalan ke Syur. (ayat 7)


Hagar yang telah menolong Sarai mengandung seorang anak tidak tertahan dengan penindasan dan kesinisan nyonyanya lalu melarikan diri. Pada waktu hamba perempuan yang cukup tertindas dan terhimpit oleh penderitaan, dia terjumpa mata air yang menghibur dia. Di padang penderitaan, dia terjumpa mata air Tuhan dan dinamakan tempat ini sebagai, “El-Roi” yang bererti, “Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku.” (ayat 13)

Penderitaan yang menghimpit jiwa kita membuat kita ingin merembes airmata lagi. Seperti Hagar, kita mungkin berasa seakan-akan tidak penting di mata Tuhan tetapi sebenarnya Tuhan telah melihat kita dan mengasihi kita. Katalah, “Engkau El-Roi” aku telah melihat Dia yang melihat mata air dan rintihanku.

Pada saat-saat ini percayalah: Kuasa Tuhan yang membimbing Kuasa Tuhan yang melindungi Mata Tuhan yang melihat tangan Tuhan yang mendukung.

Pada suatu hari, seorang penulis bermimpi dia melihat dua pasang tapak kaki yang menelusuri pantai yakni melambangkan jejak telapak kakinya yang diiringi oleh telapak kaki Tuhan. Penulis itu menangis ketika dia melihat dua pasang kaki kemudian hanya tinggal sepasang sahaja setengah perjalanannya. Dia menduga bahawa Tuhan telah membiarkan dia berjalan sendiri dan bertanya-tanya Tuhan tentang hal ini. Tuhan berbisik, “Anakku pada saat kau berasa tertekan, Aku telah mendukung awak!” “Tuhan akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan memperbaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.” (Yesaya 58:11)

Sungguh kasihan, jika tangisan dan masalah kita membutakan mata kita sehingga kita tidak dapat melihat rahmat dan kesetiaan Tuhan. Biarlah airmata kita menyucikan jiwa dan hati kita sehingga kita dapat melihat Tuhan dengan lebih jelas lagi.

Doa: Tuhan, aku percaya pada waktu jiwaku terhimpit, Engkau melihat penderitaan saya dan mendukung aku.

7 views0 comments

Recent Posts

See All