top of page

Perumpamaan Tentang Domba Yang Hilang dan tersesat.


Perumpamaan tentang Domba yang hilang adalah sebuah perumpamaan yang diajarkan oleh Yesus kepada murid-muridnya-Lukas 15:3-7


Perumpamaan ini menceritakan tentang gembala domba yang memiliki seratus ekor domba.


Pada suatu hari salah seekor dombanya hilang,dan ia meninggalkan domba yang lainnya di pegunungan dan mencari seekor yang tersesat


Diceritakan bahawa ketika gembala tersebut menemukan domba yang hilang,maka kegembiraannya atas seekor domba itu lebih dari 99 ekor domba yang tidak sesat.


Domba merupakan lambang yang sangat sering dijumpai di dalam Alkitab sejak zaman sebelum Daud,gembala domba yang menjadi raja Israel (lihat Mazmur 23)


Domba merupakan perlambangan dari manusia .


Domba yang sesat/hilang melambangkan manusia yang berdosa/kehilangan kemuliaan Allah,sedangkan domba yang tidak sesat melambangkan orang yang benar,yaitu mereka yang telah percaya kepada Yesus,bertobat dari dosanya,dan kembali ke jalan yang benar.


Setiap orang Kristen dilambangkan dengan seekor domba.


Gembala domba,di sisi lain,adalah orang yang mencukupi keperluan domba-dombanya melindungi mereka dari serangan binatang buas,mengubati mereka yang terluka,dan menuntun mereka ke mana-mana.


Perumpamaan ini dijelaskan oleh Yesus dalam Lukas 7:14


Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang.


"Aku berkata kepadamu:Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat,lebih daripada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.


Bahan Doa:

1) Berdoa untuk keluarga besar kita serta suku bangsa kita yang masih tersesat agar menerima Tuhan sebagai juruselamat mereka.

2.Berdoa untuk yang hilang agar kembali ke jalan Tuhan


Rohani

Commentaires


bottom of page