top of page

Cara Menemukan Tujuan Spesifik Dalam Hidup Anda


Filipi 2: 13


Setiap anak muda berusaha untuk mencari apa tujuan hidupnya. Untuk apa dia ada, dan kepada dia wujud. Dan bukan sedikit yang mulai binggung siapa diri dia dan adakah hidup dia cukup untuk makan dan jalani hidupnya seperti biasa.


Tuntasnya, bukan sedikit anak muda yang dewasa ini hanyut di bawa arus dunia yang membawa mereka kepada jerat dosa. Beberapa hal yang harus anak muda saat ini perhatikan bagaimana kita menemukan tujuan spesifik hidup mereka.


1. Melalui keinginan dan impian yang kuat dalam diri anda.

Apa yang dimaksudkan dengan keinginan yang paling kuat itu ? keinginan yang sudah ada pada diri anda selama bertahun-tahun. keinginan itu sudah ada sejak kecil dan kini telah menjadi kenyataan. Contoh, sejak kecil anda suka mengajar seperti Guru, lalu ternyata kini benar terjadi. Itu adalah suatu tanda bahwa Allah sudah menaruh petunjuk agar anda menjadi seorang pengajar bagi kemuliaan-Nya . ungkapan ini sering disalahertikan ; manusia merencanakan, tetapi Tuhan yang menentukan.

Firman Tuhan mengatakan :

l “ dan bergembiralah karena TUHAN ; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu” ( Mzm 37 : 4 )

l “ jikalau kamu tinggal di dalam Aku firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya” ( Yoh 15 : 7 )


2. Melalui beban kasih yang kuat dalam diri anda.

David Wilkerson adalah seorang yang ditaruh Tuhan di dalam dirinya beban untuk melayani para gengster di Amerika. Itu dimulai pada waktu ia memonton TV dan melihat pergaduhan yang terjadi disebabkan oleh para gengster. Selanjutna, Tuhan menaruh di hatinya beban yang sungguh untuk melayani para gengster itu. Beban kasih yang kuat itu menyebabkan dia menyedari apa tujuan Allah dalam hidupnya. Banyak contoh lainya, seperti orang yang memiliki beban kasih sehingga berhasil melayani orang gendelangan dan sebagainya.


3. Melalui bakat dan keterampilan yang menonjol.

Bakat dan keterampilan alamiah anda kerap kali menjadi tujuan anda di desain. Kalau anda seorang yang memiliki kemampuan berbicara, orang akan tertarik setiap kali anda berbicara. Jangan-jangan anda didesain untuk menjadi seorang Salesman.

Berikut adalah bentuk kecerdasan lainnya.

l Kecerdasan linguistik.

l Kecerdasan seni dan desain ( Melukis, memotret, dll )

l Kecerdasan olah tubuh ( menari, olahraga, akting )

l Kecerdasan musik. - buka studio.

l Kecerdasan kepemimpinan

l Kecerdansan voka dan teknik.


4. Melalui hal yang paling Alami dan menggairahkan Anda.


Kadang kala ada yang beranggapan bahwa hidup dalam tujuan Tuhan itu bererti melakukan sesuatu yang begitu susah dan tidak disukai. Itu adalah pemahaman yang salah. Firman Tuhan sendiri mengatakan “ karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemahuan mahupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya” ( Filipi 2:13 ). dengan demikian, hal yang kita lakukan itu terasa sesuai, alami, mengalir, dan sanggat memuaskan. Jadi, carilah apa yang paling alami, terasa sesuai, mengalir dan memuaskan nada. Apa yang menyanangkan anda ? Catat apa yang paling anda sukai. Jangan-jangan anda sedang didesain oleh Allah untuk mencapai tujuan-Nya.


RENUNGKAN.

1. Apa tujuan Allah menciptakan saya sejak semula ?

2. Erti dan definisi berjaya “ mengetahui tujuan hidup anda, bertumbuh untuk mencapai potensi maksimum anda, dan menebarkan benih yang menguntungkan orang lain”.

3. Apa tujuan spesifik saya ?


Pr Janeson Rabar Joel

1 comentário


AWK
AWK
30 de mai. de 2023

Amen

Curtir
bottom of page