top of page

Jadilah Kuat

Akhir kata, saudara-saudaraku, hendaklah kamu kuat dalam Tuhan dan dalam kekuatan kuasa-Nya. Efesus 6:10


Di akhir Surat Paulus kepada jemaat di Efesus, dia memberi satu nasihat yang sangat bernas untuk kita perhatikan di akhir Zaman ini. Apalagi kita sebagai wanita. Tujuannya adalah supaya jemaat tetap kuat, meskipun mereka melewati masa-masa yang sukar. Saya membawa kita merenungkan kebenaran firman Tuhan ini untuk kita sebagai wanita.


Di dalam ayat tadi berbicara tentang hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan. Di dalam kekuatan kuasanya, itu berarti sebagai wanita kita juga dipanggil untuk menjadi kuat di zaman akhir ini. Sebab kekuatan manusia kita adalah terbatas, hanya di dalam kekuatan kuasa Tuhan kita mampu melewati setiap tentangan yang ada di depan kita.


Wanita yang kuat adalah:

  1. Wanita yang senantiasa mengucap syukur dan mengandalkan Tuhan di dalam hidupnya.

  2. Wanita yang mempunyai roh yang tenteram.

  3. Wanita yang berpegang kepada janji-janji Tuhan.

  4. Wanita yang bersyukur dalam segala keadaan.

  5. Wanita yang tidak mudah berputus asa.

  6. Wanita yang tidak mudah kecewa atau mengeluh dalam segala keadaan yang dia lalui.

Alasan mengapa kita perlu kuat, karena hari-hari ini adalah jahat (Efesus 5:16). Kedua kerana perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, melainkan melawan pemerintah, penguasa dunia yang gelap, dan roh jahat di udara (Efesus 6:12). Dan sebab ketiga, sebab Hari Tuhan sudah dekat (Lukas 12:39-40), kita perlu kuat dan waspada.


Untuk kesimpulan dari firman Tuhan ini, saya ingin mengatakan, hai wanita, jadilah kuat untuk keluargamu, tetaplah menjadi berkat bagi sesamamu, dan bangunlah dirimu sendiri di atas imanmu yang paling suci. Peliharalah dirimu demikian di dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.


Demikianlah renungan firman kita.


Terima kasih, Tuhan memberkati, dan selamat menyambut Hari Wanita Sedunia. Terima kasih. Amin.


Pr Catherine Misak

Comentarios


bottom of page