top of page

Yesus Kristus dan Kisah Paskah

Siri minggu pertama: Bertemu Kristus Melalui Kisah Paskah


Adakah anda tertanya-tanya apakah maksud kisah Paskah?

Kisah Paskah menjelaskan kenaikan Yesus dari bumi, sesudah kebangkitanNya dari maut, ke syurga. Di sana Yesus bersatu semula dengan Allah Bapa Sang Pencipta. Tanpa kebangkitan Kristus, seperti yang digariskan dalam Perjanjian Baru, banyak kisah yang dipegang oleh para rasul dan ditulis tentang dalam Alkitab tidak mungkin berlaku.


Kira-kira 2,019 tahun yang lalu, Yesus dan murid-murid serta pengikutNya berada di Yerusalem untuk mempersiapkan perayaan Paskah yang istimewa.

*Perjamuan Terakhir: Apa kaitan dengan Easter?

Lakukan ini sebagai peringatan kepada AKu.” Ia adalah peristiwa pertama dalam tempoh Paskah, diikuti oleh Jumaat Agung (Good Friday), dan akhirnya Hari Paskah (Easter Sunday). (Lukas 22:19).


*Apa yang berlaku di Taman Getsemani?

“Ya Bapa, jika Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak Mu-lah yang terjadi” (Lukas 22:42)


*Mengapa Yesus diadili?

“Dan mereka mula menuduh-Nya, berkata, ‘Kami telah mendapati orang ini memecah belah bangsa kami. Dia menentang pembayaran cukai kepada Kaisar dan mengaku sebagai Mesias, seorang raja.’” (Lukas 23:2).


*Mengapa Yesus disalibkan?

Gabenor Rom, Pontius Pilate, adalah seorang askar dan ahli politik yang terkenal kejam dalam kaedahnya dan bukan seorang yang lembut hati. Namun dia juga menyatakan kekesalan kerana membenarkan penyaliban Kristus diteruskan. Malah, dia tidak melakukan jenayah sama sekali.


*Di manakah Yesus disalibkan?

“Mereka sampai ke tempat bernama Golgota (yang bermaksud ‘tempat tengkorak’).” (Matius 27:33).


*Bagaimanakah Yesus mati?

“Yesus berseru dengan suara nyaring, ‘Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.’ Sesudah berkata demikian, Ia menghembuskan nafas-Nya yang terakhir.” (Lukas 23:46).


*Apa yang terjadi ketika Yesus meninggal?

“Pada saat itu tirai candi terbelah dua dari atas ke bawah. Bumi bergoncang, batu-batu terbelah dan kuburan terbuka. Tubuh banyak orang kudus yang telah meninggal dibangkitkan. Mereka keluar dari kuburan setelah kebangkitan Yesus dan pergi ke kota Yerusalem dan menampakkan diri kepada banyak orang. Ketika perwira dan mereka yang menjaga Yesus melihat gempa bumi dan semua yang telah terjadi, mereka ketakutan, dan berseru, 'Sesungguhnya dia adalah Anak Allah!'” (Matius 27:51-54).


*Di mana Yesus dikuburkan?

"Di sebuah taman, dan di taman itu adalah kuburan baru, di mana tidak ada seorang pun yang pernah dibaringkan." (Yohanes 19:41).


*Mengapa kebangkitan terjadi?

“Mengapa kamu mencari yang hidup di antara yang mati? Dia tidak ada di sini; Dia telah bangkit! (Lukas 24:5-6). Kebangkitan merupakan tanda yang jelas dari Bapa bahwa Yesus adalah Anak Allah yang penuh kuasa yang telah mengalahkan maut dan memerintah sebagai Tuhan atas segalanya (Roma 1:14; 4:25).


*Bagaimana anda boleh diselamatkan?

Oleh belaskasihan-Nya yang besar Ia telah melahirkan kita kembali ke dalam hidup yang penuh pengharapan melalui kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati”. (1 Petrus 1:3). Kematian dan kebangkitan Yesus berarti ada harapan bagi umat dunia (manusia) yang percaya Yesus- yang sekarang sedang bergelora menuju kehancuran - tanpa harapan bagi manusia tanpa Kristus; bahwa memang ada Tuhan yang berdaulat, dan bahwa Dia tidak hanya memahami kita, tetapi Dia menjadi salah satu dari kita. Dia mengambil dosa-dosa kita ke atas diri-Nya sendiri dan masih hidup hari ini. Dalam Roma 10:9 mengatakan bahwa "Jika kamu menyatakan dengan mulutmu, 'Yesus adalah Tuhan,' dan percaya dalam hatimu bahwa Allah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, kamu akan diselamatkan." Ya, memang sesederhana(semudah) itu. Jika kita benar-benar percaya bahwa telah Dia bangkit dari kematian seperti yang Dia katakan, itu akan selama-lamanya mengubah cara kita berpikir dan hidup.


BERDOA:…………………


Pr Roland Satu Ukab

Komentáře


bottom of page