top of page

Kebangunan Rohani Suku-Bangsa

Bacaan Alkitab : 2 Tawarikh 7:14

“..dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.”

(2 Tawarikh 7:14) (TB)


Secara khasnya kita semua mengetahui apa itu Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Tetapi ada satu pertanyaan yang masing-masing kita perlu jawap seccara jujur. Apakah “saya benar-benar mengalami kebangunan rohani?


Ada satu lagi pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu, yaitu, Apakah saya mengerti apa itu kebangunan rohani?


Sebab ada kemungkinan kita kurang memahami apa itu kebangunan rohani. Kemungkinan kebangunan rohani yang kita fahami hanya berkisar mengenai Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dari segi acaranya dan kegiatan acara baptisan di akhir acara KKR.


Disini ada beberapa pertanyaan yang perlu kita jawap.

1). Berapa banyak dari kita yang tahu bahwa kita MEMERLUKAN kebangunan rohani? 2). Berapa banyak dari kita yang INGIN kebangunan rohani?

3).Berapa banyak dari kita yang tahu APA kebangunan rohani itu?

4).Berapa banyak dari kita yang pernah MENGALAMI kebangunan rohani yang nyata dalam hidup kita secara pribadi?


Apakah itu kebangunan rohani?


Kebangunan rohani mengacu pada kebangkitan rohani dari keadaan tidur atau keadaan rohani kita yang tidak lagi mengelamai pertumbuhan.


Kebangunan Rohani mencakup munculnya kembali kasih kepada Tuhan, penghargaan akan kekudusan Tuhan, hasrat untuk Firman-Nya dan gereja-Nya. Kesadaran akan dosa pribadi dan dosa kolektif yang mungkin dilakukan, semangat kerendahan hati, dan keinginan untuk pertobatan dan pertumbuhan dalam kebenaran.


Kebangunan rohani menyegarkan dan memperdalam iman orang percaya, membuka matanya terhadap kebenaran dengan cara yang baru dan segar.


Kebangunan rohani menghancurkan keterikatan kita terhadap keindahan dunia yang telah mengikat kita yang membutakan mata rohani manusia sehingga manusia terbuai oleh nya.


Kebangunan Rohani Berkaitan dengan Firman Tuhan Rasul Petrus mengatakan susu murni (1 Ptr 2:2) Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan.


“Kebangunan rohani berhubungan erat dengan Firman Tuhan. Jika kita ingin kebangunan rohani, kita harus menghidupkan kembali rasa hormat kita kepada Firman Tuhan.

 

Jika kita merasa Tuhan seolah-olah jauh dan kita merasa kering dalam kehidupan rohani, maka kita memerlukan penyegaran rohani yang datang dari hadirat Tuhan Karena pada akhirnya Hadirat-Nya adalah inti dari kebangunan rohani.

 

Pertobatan merupakan langkah yang perlu kita lakukan (Akui dosa). Singkirkan semua dosa rahasia yang selama ini kita anggap remeh dan minta pengampunan Tuhan, agar dosa-dosa kita dihapuskan, supaya ada penyegaran rohani terjadi yang datang dari hadirat Tuhan.

 

Pembaruan rohani akan terjadi, kepada setiap pribadi, gereja, atau komuniti bila mereka terbuka terhadap terang Firman Tuhan didalam hidup kita.

 

Kebangunan Rohani terjadi dari diri kita sendiri ketika kita memiliki kehausan akan Tuhan dan secara konsistan mencari wajah-Nya setiap saat.

 

Bahan Doa

Saya berdoa Kebangunan Rohani di setiap Suku-Bangsa akan terjadi di Malaysia dan global. Kebangunan rohani ini adalah gelombang Roh Kudus yang melawat dan mendiami setiap suku dan teritori.

1.  Kebangunan rohani secara global sedang terjadi di seluruh dunia dan kebangkitan ini akan membakar di setiap daerah, bandar dan kota-kota besar diseluruh dunia. Setiap negara dilawat dan didiami Tuhan untuk kemuliaan Nama-Nya yang besar.

2.  Kebangkitan Gereja-gereja diseluruh dunia untuk melatih dan mengirim missionary yang menjadi Duta Kristus mengobarkan Kerajaan-Nya.

3.  Kegerakan Jaringan Doa Antarabangsa yang menjadi penghubung yang baik antara gereja-gereja untuk bersama menggerakkan Amanat Agung Tuhan Yesus memenangkan dunia ini bagi Kristus.


Doa Puasa Kebangsaan 31 hari, Sidang Injil Borneo (SIB/BEM) Sabah, Sarawak, Semenanjung

Comentarios


bottom of page