top of page

Tulislah Semua Perbuatan TUHAN


“…Tulislah semua perbuatan TUHAN untuk keturunan yang akan datang, supaya generasi yang akan datang dapat memuji Dia...” Mazmur 102:19


Pemazmur ingin agar semua kebaikan Tuahn yang dialami oleh umatNya selama ini ditulis bagi keturunan yang akan datang. Agar semua yang dituliskan akan menjadi dorongan bagi keturunan akan datang tidak akan putus asa, meskipun mereka akan melalui berbagai kesukaran dalam hidup.


Pengalaman-pengalaman mereka selama ini harus dicatat bagi mendorong generasi yang akan datang ini tentang perbuatan Tuhan dalam hidup mereka. Sehingga generasi yang baru ini akan bergantung dan mencari Tuhan dalam hidup mereka dan tetap percaya kepada Tuhan dalam segala yang mereka lakukan.

Pengalaman-pengalam umat Tuhan yang lalui ini akan menjadi penghiburan bagi generasi yang akan datang ini. Sebab pengalaman-pengalaman umat-umat Tuhan ini, akan mendorong generasi yang akan datang untuk terus kemuliaan Tuhan dalam setiap tingkahlaku mereka.


Itulah sebabnya pemazmur berkata kepada kita agar semua perbuatan Tuhan itu perlu ditulis untuk generasi yang akan datang, agar mereka yang belum dilahirkan lagi akan dapat memuji Tuhan dan mengenal Tuhan yang disembah oleh nenek moyang mereka.


Hal ini bererti keturunan mereka yang akan datang akan terus-menerus memuji-muji TUHAN atas apa yang telah dikerjakan oleh-Nya terhadap hidup nenek moyang mereka pada masa yang lalu. Itulah sebabnya penting bagi mereka meulis semua perbuatan TUHAN untuk angkatan yang akan datang, supaya bangsa yang belum dilahirkan dapat memuji dan mengenal Tuhan yang benar.


Oleh itu marilah kita menulis segala apa yang Tuhan telah lakukan didalam hidup kita pada hari ini, sebagai peringatan bagi generasi yang akan datang, agar mereka akan tetap setia kepada Tuhan dalam hidup mereka.


Doa: Bapa yang di surga, saya datang kepadaMu, memuji kebesaran namaMu kerana Engkau adalah Tuhan yang besar dan perkasa, Tuhan ajar saya untuk menulis segala perbuatanMu yang luar biasa bagi memperingatkan generasi yang akan datang supaya mereka tetap percaya kepadaMu. didalam nama Tuhan Yesus saya berdoa amin.


Pr Patrick Taie

Bình luận


bottom of page