top of page

Bebas Dari Menjadi Pembawa Virus Hepatitis B

Oleh Christina Koh



Tetapi inilah yang kuperhatikan,

lantas kuperoleh harapan


RATAPAN 3:21 (AVB)


KEKUATAN TUHAN TERBUKTI


Pada bulan April 1990, saya mengetahui saya adalah pembawa virus hepatitis B. Saya pada waktu itu berpangkalan di Singapura dan sudah bekerja di industri penerbangan selama sekitar enam tahun. Yang pelik adalah bahwa saya tidak memiliki niat untuk melakukan pemeriksaan darah untuk hepatitis B ketika saya menemani seorang teman ke klinik untuk melakukan ujian tersebut. Baru saat saya berada di sana, saya memutuskan untuk juga melakukan ujian tersebut. Bayangkan kekeliruan saya ketika doktor memberi tahu saya bahawa saya adalah pembawa virus hepatitis B. Saya sama sekali tidak memahami tentang keparahan keadaan tersebut, dan reaksi saya yang langsung adalah, "Apa sebenarnya ini?" Doktor menjelaskan apa itu,



lalu menyarankan saya untuk melakukan ujian darah secara teratur untuk memantau keadaan hati saya. Dia mengatakan ada kemungkinan saya terkena kanser hati. Ketika anda masih muda, informasi seperti ini dapat mengganggu anda, tetapi hanya untuk sementara waktu. Saat itu, saya belum menjadi seorang Kristian. Saya hanya ingat apa yang doktor katakan tentang kanser hati, tetapi setelah beberapa waktu, saya lupakan semua itu. Saya berkahwin pada tahun 1990 dan pada tahun yang sama, mengundurkan diri dari pekerjaan saya dan kembali ke Malaysia karena saya sedang mengandungkan anak pertama saya. Saya terus menjalani hidup sebagai ibu rumah tangga dan tidak satu pun kali terlintas dalam fikiran saya bahwa saya adalah pembawa virus hepatitis B.


Tujuh tahun kemudian, pada 7 Januari 1997, saya memberikan hidup saya kepada Tuhan. Kemudian, pada tahun 1998, masalah kesihatan sebagai pembawa virus hepatitis B muncul kembali. Saat itu saya masih memegang polisi insurans saya di Singapura. Ketika Ringgit Malaysia melemah terhadap Dolar Singapura, saya menyedari bahwa membayar kos polisi tersebut akan menjadi mahal. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mengambil polisi baru di Malaysia terlebih dahulu dan kemudian membatalkan yang di Singapura. Perusahaan insurans lokal yang saya datangi memberi saya borang untuk diisi. Untuk beberapa pertanyaan, jawaban yang saya tulis adalah 'pembawa virus hepatitis B'. Karena itu, saya diminta untuk melakukan ujian darah, yang kedua kalinya setelah lapan tahun. Itu pada tanggal 3 Ogos 1998. Ujian tersebut sekali lagi mengesahkan bahwa saya adalah pembawa virus hepatitis B, dan saya diminta untuk melakukan ujian untuk menganalisa keadaan hati juga. Untungnya, keputusan menunjukkan 'normal', jadi permohonan saya disetujui.



Selama beberapa tahun yang berlalu, hubungan saya dengan Tuhan berkembang, begitu juga pengetahuan dan penerapan Firman-Nya. Saya belajar untuk menangkap janji-janji-Nya dan berdiri teguh di atasnya. Atas dorongan Tuhan, lapan tahun kemudian, pada tahun 2006, saya melakukan ujian darah yang ketiga. Karena jarang melakukan ujian darah, saya percaya ini adalah saat Tuhan. Sebelum pergi, saya berkata kepada Tuhan, "Tuhan, saya ingin percaya bahwa laporan sebagai pembawa virus hepatitis B ini tidak memiliki kesan pada saya dan bahawa tidak ada penularan kepada anak-anak dan cucu-cucu saya. Tidak lagi!"


Ayah saya memiliki hepatitis B, jadi ini adalah kutukan generasi. Ada kemungkinan bahawa dua anak perempuan saya, Charlene dan Chanette, mungkin juga mendapatkannya. Dan kemudian saya melangkah lebih jauh dalam iman saya. Saya berkata, "Tuhan, saya tahu bahwa kutukan ini akan dipatahkan. Ini tidak akan mempengaruhi keturunan saya. Tetapi saya juga ingin percaya bahwa tidak mustahil bagi-Mu untuk menyucikan darah saya sehingga saya juga akan bebas dari menjadi pembawa virus hepatitis B." Jadi, dengan iman, saya melakukan ujian darah pada 12 Januari 2006. Hasilnya? Tidak aktif! Saya tidak lagi menjadi pembawa virus! Wow! Saya sangat gembira dan terkesan dengan apa yang Tuhan telah lakukan untuk saya. Saya masih penuh dengan sukacita dan memuji Tuhan saat saya pulang, tiba-tiba, dari tempat yang tidak terduga, fikiran negatif masuk ke dalam fikiran saya: "Aiyoh, kamu fikir itu laporan kamu? Mungkin kamu mendapatkan hasil ujian darah orang lain! Salah diberikan padamu!”



Saya tahu dengan pasti bahwa fikiran-fikiran itu berasal dari setan dan segera menolaknya karena dia mencuba mencuri kegembiraan saya atas laporan yang baik yang saya terima. Yohanes 10:10 : "Pencuri datang untuk mencuri, membunuh dan membinasakan. Tetapi Aku datang supaya manusia mempunyai hidup bahkan mempunyai hidup yang berlimpah-limpah." Saya menyatakan, "Tuhan, saya memilih untuk percaya bahwa saya sudah sembuh dan saya terima ini sebagai laporan saya, disahkan oleh laporan-Mu!" Setahun kemudian, pada Januari 2007, saat saya akan melakukan ujian darah hepatitis B sendiri, saya membawa dua anak perempuan saya untuk juga diuji karena sejak lahir mereka belum pernah diuji. Suami saya memiliki imunisasi semulajadi sehingga dia tidak perlu diuji. Dan apa hasilnya? Anak saya yang lebih muda, Chanette, memiliki imunisasi semulajadi. Anak saya yang lebih tua, Charlene, bukan pembawa virus dan oleh karena itu disarankan untuk diimunisasi. Dan untuk saya, ujian tersebut sekali lagi sahkan laporan Tuhan: 'Bukan pembawa virus. Disarankan untuk diimunisasi.' Dan begitu kita bertiga pergi untuk diimunisasi. Sejak saat itu, saya bebas dari menjadi pembawa virus hepatitis B! Sepuluh tahun kemudian, pada 6 Desember 2017, saya membagikan kesaksian saya di Elpizo Healing Ministry di SIBKL, gereja saya. Setelah sesi itu, seorang doktor yang hanya berhasil menangkap akhir cerita saya berbicara kepada saya tentang kesaksian saya. Karena saya membawa semua hasil ujian darah, termasuk hasil pertama dari ujian yang dilakukan




di Singapura, juga saya tunjukkan kepadanya. Dia melihat hasil ujian dan sahkan bahwa hanya Tuhan yang boleh melakukan ini untuk saya. Dia menunjukkan bahwa setelah anda menjadi pembawa virus hepatitis B, tidak mungkin anda boleh bebas darinya. Tidak ada ubat untuk menyembuhkannya. Dia juga menekankan bahaya yang terlibat - kemungkinan terkena kanser hati. Ini lanjutan dari apa yang doktor di Singapura juga katakan sebelum menyarankan saya untuk melakukan ujian darah secara teratur untuk memantau kesihatan hati saya. Haleluyah! Segala kemuliaan hanya bagi Allah. Yesaya 53:1 berkata: "Siapakah yang mempercayai khabar kami, dan kepada siapakah kuasa TUHAN dinyatakan?" Tuhan, saya menyatakan saya percaya dan saya berpegang pada laporan-Mu dalam Yesaya 53:4-5: “Sesungguhnya, Dialah yang menanggung penyakit kita dan memikul derita kita, padahal kita menganggap Dia kena tulah, dihukum Allah dan ditindas. Tetapi Dia terluka oleh sebab segala pelanggaran kita, Dia dihancurkan oleh sebab segala kesalahan kita. Pengajaran yang mendatangkan kesejahteraan bagi kita ditimpakan kepadaNya kesalahan kita semua.” Hasil ujian darah terbaru untuk saringan hepatitis B yang diambil pada April 2018 menunjukkan bahwa antigen HBs tidak reaktif. Tidak hanya itu, antibodi HBs saya adalah 502.3 mIU/ml, yang sangat tinggi. Segala kemuliaan hanya bagi Allah!



Jadi jika Anak memerdekakan kamu, kamu benar-benar merdeka.” – Yohanes 8:36


Saya bebas! Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan! Segala Kemuliaan bagi Yesus atas Karya-Nya yang selesai di Salib!


RENUNGAN CHRISTINA: Dalam perjalanan saya menuju penyembuhan dari Tuhan, saya memilih untuk percaya dan berpegang pada laporan-Nya karena saya mengakui apa yang Yesus sudah lakukan untuk saya. Oleh karena itu, saya telah belajar untuk berdoa dalam posisi 'Dari Kemenangan' – kemenangan yang Yesus capai di Salib – dan bukan untuk kemenangan. Saya memuji nama-Nya yang mulia!


Saya juga menyedari bahwa angka 8 memiliki kepentingan dalam situasi saya:


● April 1990 – Saya melakukan ujian darah dan diberitahu bahwa saya adalah pembawa virus hepatitis B.


● 1998 – Saya melakukan ujian kedua dan itu mengesahkan bahwa saya adalah pembawa virus.


● 2006 – Saya terdorong untuk melakukan ujian darah ketiga dan sangat bersukacita mengetahui bahwa Allah telah menyembuhkan saya sepenuhnya!


Angka 8 menunjukkan kebangkitan dan regenerasi. Ini adalah angka permulaan baru. Allah memberi saya permulaan baru dalam hidup setelah sekitar 16 tahun atau lebih menjadi pembawa virus hepatitis B. Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Dia adalah Jehovah Rapha, Penyembuh kita. Kami melayani Allah yang luar biasa yang selalu ingin menyatakan diri-Nya kepada setiap dari kita. Dia tahu segala yang kita alami dan ingin terlibat dalam hidup kita. Tidak ada yang terlalu sulit baginya. Yeremia 32:27 : “Sesungguhnya, Akulah TUHAN, Allah semua manusia. Adakah sesuatu hal yang mustahil bagi Ku?”


DR. GREGORY HO:


Hepatitis B adalah virus yang khususnya mempengaruhi hati seseorang, menyebabkan peradangan. Jika seorang dewasa mengalami jangkitan hepatitis B akut, dia mungkin sembuh sepenuhnya dari itu.


Namun, menjadi pembawa virus hepatitis B adalah hukuman seumur hidup karena virus tersebut telah "menetap" dalam tubuh, dan hingga saat ini, tidak ada ubat yang tersedia. Imunisasi dengan vaksin tidak berguna karena tubuh tidak menghasilkan respons imun terhadap protein-protein virus (protein di permukaan atau kulit virus) karena "melihat" virus sebagai ramah atau tidak berbahaya. Oleh karena itu, tidak akan pernah ada antibodi yang dihasilkan.


Oleh itu, bagi seseorang yang disahkan dua kali sebagai pembawa hepatitis B dan masih sembuh sepenuhnya daripada keadaan itu, walaupun pada tahap di mana imunisasi dinasihatkan, yang dilakukan, dan selepas itu, keputusan imunisasi menunjukkan tindak balas imun yang baik dengan kehadiran yang kuat. Antibodi, KEKUATAN TUHAN TERBUKTI, keajaiban ini hanya boleh datang dari Tuhan.


Dia adalah Jehovah Rapha kita, Penyembuh kita. Haleluya dan segala puji bagi-Nya atas kebaikan dan kemurahan-Nya.


Dr. Gregory Ho adalah anggota SIBKL. Dia merupakan lulusan dari Sekolah Kedoktoran Universiti Sains Malaysia (USM) pada tahun 1994 dan saat ini bekerja dalam bidang Kedoktoran Kecemasan.


Nota : Kesaksian ini dipetik dari buku "God's Power Manifested" oleh Christina Koh. Dia dan keluarganya beribadah di SIB KL.

bottom of page